Marketiva

Rabu, 30 Maret 2011

Jagalah Hatimu

Sikap dan Perbuatan kita didunia ini telah ada aturan dan norma yang mengatur, baik adat maupun dalam agama. Bila kita menjalankan aturan yang berlaku dimasyarakat maka tentu hidup kita akan terasa mudah. Namun agar hidup lebih nyaman dan diterima baik oleh lingkungan, ada hal yang perlu kita ketahui yaitu kita harus memiliki sikap dan perilaku yang baik. Hal ini dapat terwujud hanya dengan adanya hati yang bersih. Jadi sebaiknya kita menjaga kebersihan hati kita dengan menghindari hal-hal yang dapat mengotorinya. Nah ketahuilah ciri-ciri penyakit hati yang dapat mengotori dan menodai hati:

1. Iri hati
Bila menyimpan sifat ini akan membuat kita selalu merasa tidak senang dengan kesenangan, kebahagiaan, keberuntungan, dan apa saja yang berhasil diraih orang lain. Kita pun cenderung berusaha menyaingi orang itu dengan berbagai cara, bahkan cara-cara yang bersifat merusak. Kalau dapat tercapai tidak masalah, tapi jika tidak kesampaian kan cuma jadi ganjalan dihati. Namun sifat ini dapat kita ubah menjadi POSITIF, bagaimana caranya?
Jadi begini, sifat iri ini kita arahkan kearah yang positif atau dalam hal kebaikan, seperti ingin lebih pintar agar dapat menyebarkan ilmu di kemudian hari atau iri untuk meraih kesuksesan agar kita bisa berbagi dengan sesama. jadi terasa lebih enak kan...
2. Sombong
Apa komentar kita saat melihat ada orang yang sombong?
dalam hati kita dapat berkata, atau mungkin dengan perasaan sebel langsung kita ucapkan "Huh! sombong banget sich!"
Dari sini dapat kita ambil pelajaran, kita jangan sombong biar tidak mendapat komentar-komentar seperti itu.
3. Provokatif

Sifat ini membuat kita berusaha untuk selalu memengaruhi orang lain melakukan tindakan yang kurang baik. Misalnya, menulari kebencian kita kepada orang lain atau memanas-manasi dengan tujuan menimbulkan permusuhan atau melahirkan kebencian dengan orang itu kepada orang lain.
4. Menebar fitnah
Inilah kegiatan menyebarkan kejelekan orang lain sehingga nama baik orang itu tercemar atau membohongi seseorang agar menimbulkan kebencian.
5. Berburuk sangka
Buruk sangka adalah sifat yang berpikiran negatif, mencurigai atau bahkan menuduh orang lain berbuat buruk padahal belum tentu benar, karena belum terbukti.
6. Ingkar janji
Penyakit hati ini berupa sikap tidak bertanggung jawab dengan kata-kata atau komitmen kita kepada orang lain kepada kita. Dengan adanya sifat seperti ini tentu saja dapat menurunkan tingkat kepercayaan orang lain terhadap kita. Orang yang sering ingkar janji berisiko tidak disukai orang di sekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.

Mari kita interospeksi diri kita masing-masing, apakah sifat-sifat diatas ada dalam hati kita? Syukurlah kalau tidak ada, berarti bagus banget. Mungkin jika teman-teman menemukan “penyakit-penyakit” hati lain yang patut dihindar, bisa dibagi di sini, gak usah bayar, alias GRATIS! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar